30
MAR
2017

KLARIFIKASI BERITA HOAX PENYEBAR SOAL DAN KUNCI UASBN

KLARIFIKASI BERITA HOAX

Baru-baru ini masyarakat dikagetkan dengan berita tentang daftar siswa-siswi SMA se-Indonesia yang menyebarkan soal dan kunci jawaban UASBN melalui media sosial WA. Berita tersebut mengatasnamakan Kemendikbud dan Badan Intelijen Negara. Hal ini membuat resah sekolah-sekolah terkait, termasuk keluarga besar SMA N 3 Malang. Dapat dipastikan bahwa berita tersebut tidak benar.

Berita tersebut dimulai dari gurauan siswa-siswi salah satu SMA yang membuat dan mengirimkan berita tersebut ke teman-temannya. Selanjutnya, teman yang mendapat berita tersebut mengedit dengan menambahkan nama sekolah dan nama siswa yang mereka kenal. Hal ini berujung dengan tersebar luasnya berita HOAX tersebut dengan sangat cepat di masyarakat hingga Dinas Pendidikan dan para alumni SMA N 3 Malang.

Berikut ini kami tunjukkan screenshots  dari runtutan proses edit pesan WA yang dilakukan oleh siswa-siswi tersebut sehingga muncul menjadi berita HOAX:

Dari beberapa gambar tersebut menunjukkan bahwa teks berita itu telah mengalami beberapa proses edit. Hal tersebut membuktikan bahwa berita tersebut adalah HOAX. Hal itu dikuatkan lagi oleh kunjungan 2 siswa SMA (x) yang pertama kali membuat berita tersebut untuk mengklarifikasi bahwa berita itu adalah murni HOAX. Selain itu mereka juga memohon maaf kepada pihak SMA N 3 Malang dan seluruh keluarga besar beserta alumni atas apa yang telah terjadi sehingga membuat resah warga SMA N 3 Malang.

Kami sekali lagi mengklarifikasi bahwa berita tentang daftar sekolah dan nama siswa penyebar soal dan kunci jawaban UASBN 2017 adalah HOAX. Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat dan warga SMA N 3 Malang untuk selalu jeli dalam menerima berita di media sosial demi menghindari kesalahpahaman disebabkan oleh berita HOAX. <HUMAS>

Leave a Reply

*

captcha *