02
NOV
2017

BEDHOL 2017: Segenggam Aksi Satukan Hati

Bedhol, salah satu program wajib dari SMA Negeri 3 malang setiap tahun, diadakan pada tanggal 26 – 28 Oktober 2017. Desa Sumbersuko, Dampit, Kabupaten Malang dipilih menjadi tempat terselenggaranya Bedhol 2017. Tahun ini, Bedhol mengangkat tema “Segenggam Aksi Satukan Hati”. Acara yang terdiri dari 3 hari ini diawali dengan upacara yang dipimpin oleh Kepala SMA Negeri 3 Malang, Ibu Asri Widiapsari M. Pd. Selepas upacara, siswa-siswi kelas 10 dan 11 bersiap untuk berangkat ke Desa Sumbersuko, sedangkan kelas 12 berangkat setelah kelas 10 dan 11 tiba di Desa Sumbersuko.

Sesampainya di lokasi, siswa-siswi langsung menuju rumah inang untuk beristirahat serta bersiap untuk acara-acara selanjutnya. Pukul 15.00 adalah jadwal pertandingan persahabatan sepak bola antara siswa SMA N 3 Malang dengan para warga serta lomba layangan yang diikuti seluruh pejuang Bhawikarsu. Acara dilanjutkan dengan Malam Jadul pukul 19.00. Pada acara ini, siswa-siswi SMA 3 Malang diwajibkan untuk memakai pakaian bertemakan jaman dulu. Acara turut dimeriahkan oleh penampilan dari Cheese Cassava, Putra-Putri Bhawikarsu, dan masih banyak lagi.

Hari kedua Bedhol diawali dengan siswa-siswi memberikan coaching clinic kepada siswa siswi SDN Sumbersuko serta bakti sosial dan penyuluhan kepada warga desa. Selain itu, siswa-siswi juga membantu pekerjaan inangnya serta kelas 12 mengikuti outbond  yang telah dipersiapkan oleh panitia. Sore harinya, siswa-siswi kelas 10 dan 11 mengikuti lomba cerdas cermat yang diadakan di SD N 1 Sumbersuko. Guru – guru juga mengikuti bermacam  perlombaan, seperti bakiak, dan estafet kelereng di Balai Desa bersama warga sekitar. Pada malam harinya, acara dilanjutkan dengan Pensidhol (Pentas Seni Bedhol). Pensidhol kali ini diisi dengan penampilan-penampilan dari pejuang Bhawikarsu serta ada penampilan spesial dari karang taruna Desa Sumbersuko. Disela–sela penampilan, diumumkan pula pemenang lomba karya tulis ilmiah serta penyerahan waqaf secara simbolis. Kemudian, acara ditutup dengan pemutaran video story Bedhol 2017.

Hari ketiga Bedhol 2017 yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, siswa-siswi kelas 10 mengikuti upacara Sumpah Pemuda yang dilanjutkan dengan outbond.  Sementara itu, kelas 11 mengikuti outbond dan kelas 12 mengikuti kegiatan Bedhol Mengajar di SDN 1 Sumbersuko. Selesai acara, siswa-siswi bersiap untuk kembali dan pamitan kepada inang serta memberikan kenang – kenangan. Siswa-siswi pun naik ke truck masing-masing menuju Malang.

Selaras dengan tema yang dipilih, harapan dari terselenggaranya Bedhol 2017 adalah untuk  mengenal lingkup sekitar dan meningkatkan kepeduliannya terhadap sesama dengan melakukan aktivitas kemasyarakatan secara bersama-sama. (by Salwa Noor Putri)

Leave a Reply

*

captcha *