03
DES
2016

Bhawikarsu Bawa Pulang OIC

img_20161202_202829webTim SMA Negeri 3 Kota Malang (SMANTI) kembali ke kota tercinta mereka dengan membawa sebuah kebanggaan. Ya, tampil luar biasa dalam Olimpiade Indonesia Cerdas (OIC) tingkat nasional yang disiarkan di Rajawali TV (RTV) 2016 di Jakarta sejak September hingga 1 Desember hari Kamis lalu, SMANTI meraih juara I setelah sukses mengalahkan sekolah-sekolah unggulan lainnya dari seluruh Indonesia.

Pembina Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMANTI yang sekaligus guru Biologi SMANTI, Dwi Sulistiarini, S.ST., M.Pd, mengatakan pada Jawa Pos Radar Malang, Jumat (2/12), untuk sampai ke final dalam OIC ini sungguh luar biasa. Karena ada tiga step yang harus dilalui. Apalagi rentang waktu yang begitu panjang sejak Saptember, hingga awal Desember kemarin. “Ternyata siswa SMANTI tetap mampu bertahap dari step pertama sampai ke step selanjutnya,” jelasnya.

Dwi menambahkan jika perjuangan anak asuhnya sangat luar biasa selama olimpiade berlangsung. Tim yang beranggotakan Agra Danurwedha, Ceryl Narendra Garini, dan Radya Kusuma Ardianto tersebut merupakan gabungan dari siswa kelas XII. “Meskipun mereka kelas XII yang seharusnya fokus belajar untuk menghadapi ujian-ujian mendatang, mereka tetap menyempatkan untuk ikut Olimpiade ini,” jelasnya.

Beberapa “menu” lomba yang mencakup adu kecerdasan dan ketangkasan di semua bidang, baik mata pelajaran IPA, non IPA, Matematika serta berbagai model games, mampu mereka lahab dengan baik.

Menurut Dwi, dalam olimpiade tersebut jika pandai saja tidak cukup. Siswa juga harus memiliki strategi dalam setiap step yang dilalui. Memang semuanya tidak harus dimiliki oleh masing-masing anak. “Namun dalam tim itu setidaknya mereka dapat saling melengkapi untuk menjadi terbaik,” jelasnya.

(Courtesy Radar Malang)

Leave a Reply

*

captcha *