30
DES
2017

Nihon Bunka Shoukai di SMA NEGERI 3 MALANG

Nihon Bunka Shoukai adalah kegiatan memperkenalkan budaya Jepang di SMA Negeri 3 Malang. Kegiatan ini diadakan oleh LM Bahasa Jepang bekerjasama dengan BNC (Bhawikarsu Nihon Club) yang dilaksanakan selama dua hari yaitu hari Kamis dan Jumat, tanggal 7- 8 Desember 2017. Acara ini bertujuan agar siswa SMA 3 semakin mengenal budaya-budaya Jepang, apalagi tahun ini SMAN 3 Malang mendapatkan Nihongo Partners dari Japan Foundation yang diwakili oleh Miyamoto Atsuko. Keberadaan Nihongo Partners di sekolah adalah untuk membantu guru bahasa Jepang dalam KBM dan juga yang tidak kalah pentingnya adalah memperkenalkan budaya ataupun kebiasaan orang Jepang.

 

Acara ini diikuti sekitar 50 orang yang meliputi siswa Lintas Minat Bahasa Jepang dan klub BNC. Pada hari pertama, para siswa mencoba memakai pakaian tradisional Jepang yaitu Yukata. Melalui pemberian tutorial oleh Manami Sensei, para siswa melihat dan mencoba memakai Yukata, kemudian mereka bisa berkeliling sekolah untuk berfoto. Selanjutnya, para siswa disuguhi dengan upacara minum teh atau biasa disebut sadou. Sadou adalah upacara minum teh untuk menyambut tamu. Pertama Manami Sensei memperagakan bagaimana menyeduh dan mengaduk maccha, cara memberikan ke tamu dan bagaimana Mina Sensei sebagai tamu menerima kemudian meminumnya. Kemudian, para siswa secara bergantian mencoba mengaduk dan minumannya yang juga dilengkapi dengan okashi atau kue manis. Oishikatta desu.

 

Pada hari kedua, budaya yang diperkenalkan adalah Furoshiki, budaya membungkus barang dengan kain. Di sini para siswa tidak sekedar diajari cara bagaimana membungkus barang dengan kain, tapi mereka secara berkelompok juga disuguhi gambar barang yang sudah dibungkus dan mereka diminta berpik   ir sendiri bagaimana membungkus barang sesuai dengan gambar contohnya. Sehingga, pada kegiatan ini siswa dituntut berpikir kritis, aktif, dan mampu bekerja sama. Dan ternyata, Kurikulum 2013 dapat diterapkan pada pembelajaran pengenalan sebuah budaya. Omoshirokatta desu.

Leave a Reply

*

captcha *