17
OKT
2016

Peringati Hari KORPRI, Upacara Senin Tekankan Kebersihan Lingkungan Sekolah

upload“Menjadi salah satu sekolah rujukan, hal yang paling layak diutamakan adalah kebersihan lingkungan sekolah.” Itulah kurang lebih sepatah kalimat yang disampaikan oleh Pembina upacara sekaligus WAKA Sarpras SMA N 3 Malang, Ibu Retno Trisnawati S.Pd. Upacara yang juga untuk memperingati hari Korpri tersebut diadakan Senin, 17 Oktober 2016 di lapangan basket SMANTI.

Upacara dihadiri oleh seluruh warga sekolah, tidak terkecuali oleh para bapak/ibu karyawan yang kompak mengenakan seragam Korpri. Hari yang cerah namun matahari tidak terlalu menyengat semakin melengkapi situasi kondusif selama upacara berlangsung.

Sebagai perwakilan dari ibu Kepala Sekolah, Ibu Retno Trisnawati kali ini ditunjuk sebagai pembina upacara. Beliau, yang sekaligus WAKA Sarpras dan secara langsung bertanggung jawab atas kebersihan sekolah, menekankan bahwa kebersihan sekolah masih mendapat ‘tantangan’ dari banyaknya sampah yang dibuang di sembarang tempat. Beberapa lokasi yang menjadi perhatian diantaranya CAFE ID, Gazebo, lahan depan Kanjur, dan depan ruang BK.

Untuk menanggulangi masalah tersebut, pada akhir pidato Bu Retno sempat memberikan tips bagaimana cara mengelola sisa makan/minum dengan baik. Tips tersebut bernama ‘2-minute rule’. Maksud dari ‘aturan 2 menit’ adalah hendaknya setiap individu mampu melakukan hal kecil syang bisa dilakukan selama kurang dari 2 menit secara langsung tanpa menunda. Ditekankan bahwa masalah utama dari banyaknya sampah adalah kecenderungan dari setiap individu untuk menunda membuang. Sehingga, dengan diterapkannya ‘2-minute rule’, masing-masing individu diharapkan dapat berusaha untuk langsung membuang sampah begitu selesai makan/minum.

 

Leave a Reply

*

captcha *