Program Unggulan

ICAS

Dengan perkembangan yang terjadi saat ini, mulai tahun 2014 SMA Negeri 3 Malang melaksanakan ujian sertifikasi ICAS. ICAS bertujuan untuk mengapresiasi prestasi peserta didik yang berhasil mengikuti International Competitions and Assessments for Schools (ICAS) pada setiap subject yang telah diikuti (English, Mathematics, Science, Writing, and Computer skills), nilai ujian ICAS tersebut dapat dipakai untuk pertimbangan penambahan pada Nilai Akhir (NA) hasil perhitungan dari nilai tugas, ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester masing-masing mata pelajaran tersebut di atas pada semester genap sehingga nilai rapor peserta didik pada semester tersebut diharapkan dapat menjadi lebih baik. Penambahan pada Nilai Akhir didasarkan pada portofolio yang di dapat peserta didik tersebut.

Catatan:

a. Untuk subject English, Science, dan Writing diatur sebagai berikut:

i. Untuk subject English dan Writing berkontribusi terhadap nilai Bahasa Inggris atau bahasa dan sastra inggris.

ii. Untuk subject Science berkontribusi terhadap nilai Fisika atau Kimia atau Biologi.

 

MICROSOFT TESTING CENTER

SMA Negeri 3 Malang merupakan satu-satunya Sekolah Menengah Atas di Indonesia yang menjadi pusat pengambilan test Microsoft yang bisa diikuti oleh peserta didik dan pendidik di seluruh Indonesia. Hal ini merupakan upaya SMA Negeri 3 Malang untuk meningkatkan kualitas khususnya peserta didik SMA N 3 Malang dan pendidikan di Indonesia pada umumnya untuk menyongsong generasi emas Indonesia 20 30 tahun kedepan.

SMA N 3 Malang telah siap menerima pendaftaran pengambilan test Microsoft dan SMA N 3 Malang memliki trainer yang siap untuk membina para peserta yang ingin mempersiapkan test tersebut. Beberapa Trainer yang telah LULUS test Microsoft tersebut adalah sebagai berikut:

    1. RIZKY ADITYA NUGRAHA, S.Pd.
    2. TRI SETYA ANGGRIANI, S.Pd.
    3. WAWAN PRAMUNADI, M.Pd.
    4. NORMAN ADHI PRAWITHA, S.Kom.
    5. ANIQ MUBAROK, S.Pd., S.S.
    6. INTAN NURJANNAH, S.Pd.

 

SISTER SCHOOL

1. Student Exchange

Student Exchange adalah program pertukaran pelajar dengan sekolah-sekolah mitra yang sudah menandatangani MOU. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud dari Visi SMA N 3 Malang yang berperan aktif di era Global. Kegiatan Student Exchange adalah:2

a. Class immersion

Para siswa pertukaran pelajar mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas buddy masing-masing.

b. Pertukaran dan penyebaran budaya

Dalam kegiatan  ini para siswa pertukaran pelajar saling bertukar dan memperkenalkan budaya lokal.

Negara tujuan Student Exchange adalah Thailand di sekolah Nakhonsawan School yang terletak di Provinsi Nakhonsawan. Nakhonsawan adalah sekolah terbaik di Provinsi tersebut.

2. International Leadership Seminar

Program ini adalah bentuk kerjasama sister school SMA N 3 Malang dengan River Valley High School, Singapore. Program ini merupakan Seminar Kepemimpinan tingkat Internasional yang mana dalam pelaksannan kegiatannya murni dipanitiai oleh siswa OSIS kedua sekolah. Program ini dilaksanakan demi memberikan bekal Internasional para peserta didik SMA N 3 Malang yang mana merupakan calon para pemimpin masa depan.

 

ORIENTASI STUDI BELANDA JERMAN PERANCIS

Sesuai dengan Visi SMA Negeri 3 Malang dalam berperan aktif di era global, SMA Negeri 3 Malang mewujudkannya dengan mengadakan Orientasi Studi Belanda Jerman Perancis. Selama lima tahun terakhir lulusan SMA Negeri 3 Malang yang melanjutkan studi ke Belanda, Jerman, dan Perancis terus meningkat. Program Orientasi Studi ini juga bertujuan sebagai salah satu upaya sekolah untuk membantu mempersiapkan siswa SMAN 3 Malang untuk menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) sehingga para siswa nantinya diaharapkan bisa bersaing di era global.

 

BEDHOL BHAWIKARSU

Bedhol Bhawikarsu adalah kegiatan bakti sosial PLUS yang dilaksanakan pada libur tengah semester ganjil bertempat di desa binaan dan menginap di rumah warga selama tiga hari ditambah dengan kegiatan lain yang bersifat rekreatif, edukatif, dan melatih kepekaan sosial warga sekolah. Kegiatan ini wajib diikuti seluruh  warga sekolah tanpa kecuali.

Tujuan kegiatan Bhedhol Bhawikarsu adalah untuk mendekatkan seluruh elemen SMAN 3 Malang kepada masyarakat di pedesaan selama tiga hari – dua malam. Kegiatan ini diisi dengan Bakti Sosial berupa pemberian bantuan, penyuluhan, pendidikan serta pemeriksaan kesehatan secara gratis. Kegiatan ini didukung oleh dana swadaya serta bantuan dari Ikatan Alumni SMA Negeri 3 Malang (IKASMARIAGITMA)

 

PSCS

Pagelaran Seni Citra Smanti adalah suatu  pentas seni karya SMA Negeri 3 Malang  yang melibatkan siswa, guru, serta alumni. PSCS dibuka untuk khalayak umum yang menyuguhkan penampilan apresiasi dan kreasi seni siswa-siswi SMA Negeri 3 Malang dalam bentuk Home Band, Perkusi dan Orkestra, serta Paduan Suara dan Modern Dance. Penampilan-penampilan tersebut kemuidian dikemas dalam satu cerita drama yang antar penampilannya saling berkaitan dalam satu cerita. Selain seni-seni tersebut di atas, PSCS juga menampilkan  kreativitas siswa siswi SMA Negeri 3 Malang dalam bentuk vidiografi, desain kreasi visual, dan juga net art.

Tujuan PSCS ini adalah sebagai wadah bagi siswa siswi SMA Negeri 3 Malang untuk menunjukkan kreatifitasnya dalam bidang seni dan budaya kepada masyarakat luas